Rabu, 13 Maret 2013

Ekosistem Hutan Mangrove


Hutan merupakan jantung dunia,tidak ada hutan semua akan aneh termasuk hutan mangrove.hutan mongrove sendiri befungsi sebagai penahan dari abrasi air laut.disini terdapat beberapa pengertian hutan mangrove yaitu :

1. Hutan Mangrove adalah hutan yang tumbuh pada tanah aluvial di daerah pantai dan sekitar muara sungai yang dipengaruhi pasang surut air laut dan dicirikan oleh jenis-jenis pohon (Avicennia, Soneratia, Rhizophora, Bruguiera, Lumnitzera excoecaria, Xylocarpus dan nipa)

2. Hutan Mangrove adalah hutan yang tumbuh di atas rawa-rawa berair payau yang terletak pada garis pantai dan dipengaruhi oleh pasang-surut air laut.

3. Rehabilitasi hutan mangrove adalah upaya mengembalikan fungsi hutan mangrove yang mengalami degradasi, kepada kondisi yang dianggap baik dan mampu mengemban fungsi ekologis dan ekonomis

4. Sistem tumpang sari tambak adalah suatu teknik pembuatan tanaman hutan mangrove yang dalam pelaksanaannya pada areal tersebut juga diusahakan untuk usaha perikanan.

5. Sistem penanaman murni yaitu penanaman dengan menggunakan satu jenis tanaman atau lebih pada lokasi tertentu yang ditujukan untuk perlindungan atau produksi kayu.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Semoga Bermanfaat Ea.....???